RENCANA
PEMBELAJARAN
KD 1.1
Sekolah :
SMP Negeri 3
Kismantoro
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
IX (sembilan) / 1
Alokasi Waktu :
8 x 40 menit ( 4 pertemuan)
A.
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
B.
KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mengidentifikasi
bangun – bangun datar yang sebangun dan kongruen.
C. INDIKATOR : 1.1.1.Menyebutkan syarat bangun yang sebangun dan kongruen melalui model
bangun datar.
1.1.2. Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua
segitiga.
1.1.3. Menunjukkan pasangan sisi yang mempunyai
perbandingan yang
sama dan sudut yang
bersesuaian dari bangun datar
1.1.4. Menentukan panjang sisi dan besar sudut yang
belum diketahui dari pasangan bangun
yang
sebangun dan kongruen.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
selesai pembelajaran siswa diharap dapat :
1.
Menyebutkan syarat bangun yang sebangun dan kongruen melalui model bangun datar
2.
Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.
3.
Menunjukkan pasangan sisi yang mempunyai perbandingan yang sama dan sudut
yang bersesuaian daribangun datar
4.
Menentukan panjang sisi dan besar sudut yang belum diketahui dari pasangan bangun
yang sebangun dan kongruen.
E.
MATERI AJAR
Kesebangunan ( Terlampir )
F.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran :
Pembelajaran kooperatif, Langsung
2. Metode Pembelajaran :
Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
G.
SKENARIO/LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Pendahuluan ( 5 menit )
-
Apersepsi :Siswa diajak untuk
memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi : 1. Guru memberikan contoh
pentingnya prinsip kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan Inti ( 65 Menit )
Eksplorasi
- Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif dengan duduk berkelompok 4-5 siswa.
- Meminta siswa untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar sebangun dan kongruen
- Guru memandu jalannya diskusi dan membimbing kelompok dalam melakukan pengamatan dan membuat kesimpulan.
Elaborasi
- Meminta masing-masing siswa untuk mencari dua bangun yang sebangun dalam
kehidupan sehari-hari.
- Meminta masing-masing siswa untuk mencari dua bangun yang sama dan sebangun dalam kehidupan sehari-hari.
- Menuliskan hasil diskusi dalam lembar kerja diskusi.
- Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan santun dan kelompok yang lainnya memberi tanggapan syarat dua bangun sebangun dan kongruen.
Konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif terhadap materi.
- Guru dan siswa bersama-sama merumuskan jawaban yang benar.
- Guru memberikan penguatan terhadap materi yang dipelajari.
- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok terbaik dan teraktif.
Penutup ( 10
Menit )
1. Siswa merangkum aturan penulisan syarat-syarat dari
dua bangun yang sebangun dan kongrien dengan bimbingan guru.
Pertemuan Ke Dua
Pendahuluan ( 5 menit )
-
Apersepsi :Membahas PR.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
2.
Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
( 65 Menit )
Eksplorasi
- Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif dengan duduk berkelompok 4-5 siswa.
- Meminta siswa untuk mencermati perbedaan yang terdapat pada dua bangun datar sebangun dan kongruen
- Guru memandu jalannya diskusi dan membimbing kelompok dalam melakukan pengamatan.
Elaborasi
- Meminta masing-masing siswa untuk mencermati , mendidskusikan perbedaan dan persamaan dua bangun yang sebangun dan kongruen.
- Menuliskan hasil diskusi dalam lembar kerja diskusi.
- Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan santun, kelompok yang lainnya memberi tanggapan.
Konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif terhadap materi.
- Guru dan siswa bersama-sama merumuskan jawaban yang benar.
- Guru memberikan penguatan terhadap materi yang dipelajari.
- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok terbaik dan teraktif.
Penutup ( 10
Menit )
1. Dengan biimbingan guru siswa membuat merangkuman.
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan ( 5 menit )
- Apersepsi : Membahas PR
- Motivasi : 1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan
digunakan
Kegiatan Inti ( 65 menit )
Eksplorasi
1.
Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif dengan duduk
berkelompok 4-5 siswa.
2.
Meminta siswa untuk mencermati pasangan sisi yang
mempunyai perbandingan yang sama dan sudut yang bersesuaian dari bangun datar
3.
Guru memandu jalannya diskusi dan
membimbing kelompok dalam melakukan percobaan.
Elaborasi
- Meminta masing-masing siswa untuk menunjukkan pasangan sisi yang mempunyai perbandingan yang sama dan sudut yang bersesuaian dari bangun datar
- Menuliskan hasil diskusi dalam lembar kerja diskusi.
- Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengaan santun, kelompok yang lainnya memberi tanggapan.
Konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif terhadap materi.
- Guru dan siswa bersama-sama merumuskan jawaban yang benar.
- Guru memberikan penguatan terhadap materi yang dipelajari.
- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok terbaik dan teraktif.
Penutup ( 10 menit )
1.
Dengan biimbingan guru siswa membuat merangkuman.
2.
Guru memberikan tugas rumah
Pertemuan Keempat
Pendahuluan ( 5 menit )
- Apersepsi : Membahas PR
- Motivasi : 1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan
digunakan
Kegiatan Inti ( 65 menit )
Eksplorasi
1.
Meminta siswa untuk duduk dalam tatanan pembelajaran kooperatif dengan duduk
berkelompok 4-5 siswa.
2.
Meminta siswa untuk mencermati cara menentukan panjang
sisi dan besar sudut yang belum diketahui dari pasangan bangun yang sebangun
dan kongruen.
3.
Guru memandu jalannya diskusi dan
membimbing kelompok dalam menyelesaikan tugas.
Elaborasi
- Meminta masing-masing siswa untuk Menuliskan hasil diskusi dalam lembar kerja diskusi menuliskan hasil diskusi dalam lembar kerja diskusi.
- Beberapa kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan santun, kelompok yang lainnya memberi tanggapan.
Konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif terhadap materi.
- Guru dan siswa bersama-sama merumuskan jawaban yang benar.
- Guru memberikan penguatan terhadap materi yang dipelajari.
- Guru memberikan penghargaan terhadap kelompok terbaik dan teraktif.
Penutup ( 10 menit )
1.
Dengan biimbingan guru siswa membuat merangkuman.
2.
Guru memberikan tugas rumah.
H.
ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Alat dan Bahan :
a.
Dua bangun yang sebangun dan dua bangun yang kongruen
b.
Lembar Kerja Siswa / LKS
2.
Sumber Belajar :
a.
Buku Pelajaran
1.
Ponco Sujatmiko, Matematika kreatif 3 : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,
Surakarta.
2.
Sukino, Wilson Simangunsong: Matematika Untuk SMP Kelas IX : Erlangga
, Jakarta.
3.
Willa Adrian Loedji, Matematika Bilingual kelas IX : Yrama
Widya, Bandung.
4.
BSE ( Buku Sekolah Elektronik )
b.
Lingkungan sekitar ruangan.
I.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Tes tertulis (KUIS)
2.
Ulangan harian KD 1.1 dan 1.2
terlampir
3.
Pengamatan
INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR
KD 1.1 ( KUIS)
WAKTU : 15 MENIT
1.
Dua buah persegi panjang masing = masing berukuran 16 cm x 10 cm dan 8 cm
x 5 cm. Apakah kedua persegi panjang itu
sebangun! Mengapa!
2.
Tinggi pintu dan tinggi rumah suatu maket berturut – turut adalah 6 cm, dan 24 cm.
Tinggi pintu sebenarnya adalah 2cm.Berapakah tinggi rumah sebenarnya!
INSTRUMEN NILAI PENGAMATAN
No
|
Nama
|
Aspek yang diamati
|
||
Jujur
|
santun
|
Disiplin
|
||
1
|
||||
2
|
||||
Dst
|
||||
Catatan: Skor penilaian dalam pengamatan adalah 0 s.d 100
selama proses pembelajaran.
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 3 Kismantoro
M. Ichwan Effendi, S.Pd., M.Pd.
NIP 19701026 199802 1 001
|
Kismantoro, Juli 2012
Guru Mapel Matematika
Nyoto, S.Pd
NIP 19750521 200112 1 004
|
Lampiran
MATERI
( Materi tidak kami tampilkan berisi semua materi yang hendak di sampaikan)
0 komentar:
Posting Komentar